Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Jenis-jenis Kerang Penghasil Mutiara

Apa sajakah jenis kerang penghasil mutiara? Tahukah Anda, sebenarnya mutiara dibuat di dalam jaringan lunak dari binatang moluska. Mutiara ini memiliki karakteristik menyerupai cangkang binatang tersebut. Mutiara terdiri dari kalsium karbonat yang berbentuk kristal yang disimpan di dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang berkualitas bagus memiliki bentuk bulat sempurna, simetris, dan permukaannya halus.

Mutiara sudah dikenal sebagai perhiasan sejak bertahun-tahun yang lalu. Mutiara tersebut pada mulanya didapatkan dari kerang yang diperoleh di alam liar. Mutiara alami ini terbentuk tanpa intervensi manusia sama sekali sehingga jarang terjadi. Mungkin dari seratus kerang hanya bisa diperoleh satu butir mutiara. Itulah kenapa harganya sangat mahal. Namun setelah manusia mengetahui cara membudidayakan kerang ini, mereka pun berlomba-lomba memeliharanya.

jenis-kerang-penghasil-mutiara.jpg

Kerang mutiara yang tergolong dalam keluarga Pteriidae adalah penghasil mutiara yang paling umum. Di antaranya yaitu Pinctada maxima, Pinctada fucata, Pinctada margaritifera, dan Pteria penguin. Kerang-kerang ini biasa dibudidayakan oleh petani untuk diambil mutiaranya. Ada pula remis yang hidup di air tawar yang bisa menghasilkan mutiara. Misalnya yaitu Cristaria plicata, Hyriopsis cumingii, dan Margaritifera margaritifera. Tetapi mutiara air laut memiliki harga yang lebih tinggi daripada mutiara air tawar.

Dari jenis-jenis kerang mutiara di atas, hanya ada satu jenis kerang mutiara yang paling terkenal dan paling banyak diminati. Adalah Pinctada maxima yang menjadi kerang mutiara terbaik di dunia. Kabar baiknya ialah kerang ini berasal dari Indonesia dengan habitat alami di perairan sekitar Pulau Lombok. Mutiara yang dihasilkan oleh Pinctada maxima sangat diminati oleh penggemar mutiara. Hingga mutiara tersebut sering dijuluki The Queen of Pearl atau ratunya mutiara serta The South Sea Pearl atau mutiara dari laut selatan.

Kerang mutiara Pinctada maxima biasanya hidup di lautan-lautan yang terletak di wilayah beriklim tropis. Di Indonesia sendiri, kerang ini bisa ditemukan di perairan laut Lombok,Sulawesi, Ambon, Arafuru, sampai Papua. Ciri-ciri kerang Pinctada maxima antara lain cangkangnya mengkilat berwarna kekuningan, cokelat, hijau, atau ungu, bagian bibir berwarna emas atau perak keabu-abuan, serta bagian nacre (bagian paling keras di dalam kerang) berwarna keemas-emasan. Kerang ini memiliki ukuran tubuh rata-rata antara 20-30 cm dan bobot maksimalnya mencapai 6,3 kg.

Post a Comment for "Ini Dia Jenis-jenis Kerang Penghasil Mutiara"