Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Ikan Arwana Berenang Terbalik?

Tahukah Anda, penyebab ikan arwana berenang terbalik adalah gelembung renang (swim bladder) miliknya mengalami kerusakan. Ini merupakan organ tubuh yang berbentuk kantung berisi udara. Fungsinya ialah membuat ikan supaya bisa mengapung di air sehingga dia tidak perlu berenang secara terus-menerus untuk mempertahankan posisinya. Hampir semua jenis ikan memiliki swim bladder, termasuk ikan arwana.
Kelainan pada swim bladder bisa ditimbulkan oleh berbagai faktor. Selain disebabkan karena cacat bawaan, pertumbuhan yang tidak normal atau perkelahian antar-ikan juga bisa memicu masalah yang sama. Gelembung renang ini mempunyai manfaat yang sangat penting bagi ikan. Maka ketika organ swim bladder tersebut mengalami kerusakan, ikan bakal kesulitan berenang. Salah satu dampaknya yaitu ikan akan berenang terbalik.
ikan-arwana-berenang-terbalik.jpg
Gejala Awal
Ikan yang mengalami ketidaknormalan pada swim bladder-nya akan menunjukkan gejala awal yang jelas. Gaya berenang ikan arwana tersebut awalnya terlihat tidak normal seolah-olah kehilangan keseimbangannya. Ikan tampak limbung dan kesulitan menjaga posisinya di dalam air. Masalah ini muncul karena swim bladder yang rusak tadi tidak mampu mengembang dan mengempis sesuai semestinya. Akibatnya ikan pun cenderung terus berada di permukaan atau dasar air. Pada kasus yang parah, ikan berenang terbalik dengan posisi kepala dan ekor berada di bawah.
Penyebab
Kerusakan pada swim bladder umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri sistemik. Tapi tidak menutup kemungkinan juga akibat infeksi protozoa atau nematoda. Perlu Anda pahami, kasus swim bladder yang tidak normal ini bisa berasal dari kelainan sejak lahir. Ikan arwana yang berkelahi dengan ikan lainnya, terbentur dinding akuarium, atau terkena aksesori juga dapat mengakibatkan masalah yang sama. Bahkan pemberian pakan yang terlalu banyak pun bisa menyebabkan ikan berenang terbalik. Penyebab lainnya yaitu penyakit tumor, dropsy, atau sembelit.
Pengendalian
Usahakan pilihlah ikan arwana anakan yang berkualitas unggul serta tidak mempunyai cacat bawaan. Pelihara ikan-ikan tersebut dengan baik agar terhindar dari risiko perkelahian antara ikan arwana. Selain itu, Anda pun perlu menjaga kondisi air dan kebersihan akuarium agar ikan tidak terinfeksi oleh bakteri. Pengendalian terhadap kelainan gelembung renang ini bisa dilakukan menurut penyebab timbulnya kelainan tersebut.
Jika kelainan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka antibiotik kadang-kadang bisa membantu mengobatinya. Terapi pada ikan arwana yang bermasalah bisa dilakukan dengan memindahkannya ke akuarium khusus yang mempunyai suhu lebih tinggi sampai 5 oC dari suhu idealnya. Bisa juga dengan membiarkan ikan hidup di air yang dangkal. Beberapa penghobi juga kerap memberikan air bertekanan cukup tinggi untuk menormalkan kembali ikan arwana yang berenang terbalik.

Post a Comment for "Mengapa Ikan Arwana Berenang Terbalik?"