Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Ikan Arwana Meloncat dari Akuarium

Ada banyak orang yang suka memelihara ikan arwana. Alasannya karena ikan ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Perpaduan antara bentuk tubuhnya yang sempurna, warnanya yang menarik, serta gerakannya yang aduhai membuat ikan arwana tampak begitu indah. Maka tak heran kalau ikan arwana umumnya memiliki nilai yang sangat tinggi. Keindahan ikan arwana memang merupakan salah satu yang terbaik di antara ikan air tawar lainnya.
Salah satu kebiasaan unik yang dimiliki oleh ikan arwana adalah meloncat dari kedalaman air. Tujuannya apa? Tidak lain untuk menangkap mangsanya yang berupa serangga dan binatang-binatang kecil yang ada di darat. Hebatnya ikan arwana mampu meloncat hingga tingginya mencapai lebih dari 1 meter. Cuma kebiasaan tersebut akan menjadi masalah ketika ikan arwana sudah dipelihara oleh manusia. Ikan bisa meloncat keluar dari akuarium/kolam dan membahayakan dirinya sendiri.
penyebab-ikan-arwana-meloncat.jpg
Apa sih penyebab ikan arwana meloncat dari air yang sebenarnya?
  1. Ingin Berburu Mangsa
Inilah penyebab utama kenapa ikan arwana peliharaan Anda tiba-tiba meloncat dari dalam akuarium. Dia sedang ingin berburu mangsanya. Mungkin saja ikan tersebut melihat cicak atau kecoa yang menempel di dinding di dekatnya, lalu berupaya untuk menangkap mangsa tadi. Akhirnya dia pun memberanikan diri meloncat keluar hendak menangkap cicak/kecoa tersebut.
  1. Merasa Tidak Nyaman
Ikan yang melompat keluar dari air juga menandakan kalau ikan tersebut merasa tidak nyaman dengan lingkungannya. Mungkin saja faktor suhu air menjadi penyebab utama dari masalah ini. Ikan arwana akan meloncat keluar dan berusaha meloloskan diri jika merasa suhu air terlalu panas atau justru terlalu dingin. Anda harus memastikan suhu air tetap ideal untuk mencegah masalah ini.
  1. Akuarium Terlalu Kecil
Ukuran akuarium yang ideal paling minimal adalah 3 kali panjang tubuh ikan arwana. Tetapi sekali lagi bahwa ini merupakan ukuran yang paling minimal. Semakin luas ukuran akuarium tersebut, maka akan semakin bagus sehingga ikan dapat bergerak dengan leluasa. Apabila akuarium yang Anda gunakan memiliki ukuran yang terlalu kecil, maka ikan arwana berusaha kabur dengan meloncat dari air.
  1. Ikan Merasa Stres
Ikan arwana pun bisa mengalami stres. Stres pada ikan arwana ditandai dengan tingkah laku ikan tersebut yang tampak gelisah, berenang ke sana ke mari, dan tidak seperti biasanya. Ikan terlihat memperhatikan seluruh kondisi lingkungan di sekitarnya seolah-olah berniat untuk kabur. Setelah dia merasa mantap dan menemukan jalan keluar, maka ikan arwana pun langsung meloncat.

Post a Comment for "Penyebab Ikan Arwana Meloncat dari Akuarium"