Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Benih Ikan Lele agar Semuanya Hidup

Anda bisa memulai usaha budidaya ikan lele dari merawat benihnya terlebih dahulu. Daripada membeli sepasang indukan ikan lele dewasa yang sudah siap melakukan pemijahan, Anda bisa menghemat biaya produksi yang cukup banyak jika memulainya dari membeli benih ikan lele. Kami sarankan belilah benih tersebut di balai perikanan setempat atau peternak lain yang sudah Anda kenal. Bukan tidak mungkin nantinya Anda juga akan mendapatkan arahan.
Namun Anda harus menyadari kalau benih ikan lele yang ukurannya masih kecil ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah. Kondisi tubuh benih ikan lele belum setangguh ikan lele dewasa yang tahan banting. Perubahan kondisi air sedikit saja bukan tidak mungkin akan menyebabkan ikan lele tersebut mengalami stres sehingga berujung pada kematian secara mendadak. Jadi Anda harus benar-benar memberikan perawatan secara maksimal kepadanya.
memelihara-benih-ikan-lele.jpg
Adapun faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam merawat benih ikan lele antara lain :
Media
Sangat disarankan memelihara ikan lele anakan memakai akuarium ketimbang kolam. Hal ini dikarenakan kita bisa lebih mudah dalam memantau kondisi air di dalam akuarium daripada di kolam. Gunakan akuarium ukuran standar sebagai tempat tinggal benih ikan lele. Masukkan air yang sudah didiamkan sebelumnya minimal selama 24 jam. Lalu pasang aerator dan filter guna menjaga kondisi air. Bila perlu, Anda juga bisa memasang water heater untuk menjaga suhu air di dalam akuarium tersebut agar tetap ideal.
Pakan
Ikan lele yang baru menetas dari telur sebenarnya sama sekali tidak membutuhkan pakan hingga usianya mencapai 3-4 hari. Hal ini dikarenakan masih ada kantung kuning telur yang menempel di tubuhnya. Perlu Anda ketahui, kantung kuning telur ini merupakan cadangan makanan bagi ikan. Setelah kantung telur ini mengempis, barulah Anda bisa memberikan pakan. Adapun pakan yang tepat untuk benih ikan lele yaitu pakan yang ukurannya sangat halus. Misalnya seperti cacing sutera, daphnia, plankton, dan lain-lain.
Lain-lain
Akuarium yang menjadi tempat pemeliharaan bagi benih ikan lele sebaiknya diletakkan di tempat yang tenang dan tidak bising. Usahakan akuarium tersebut tidak terkena sinar mentari secara langsung supaya suhu air di dalamnya tak mudah mengalami perubahan secara drastis. Penggantian air sama sekali tidak dibutuhkan di sini. Oleh karena itu, berikan makanan ikan lele sedikit demi sedikit agar sisanya tidak sampai mengotori air dan membahayakan kesehatan benih ikan lele.

Post a Comment for "Cara Merawat Benih Ikan Lele agar Semuanya Hidup"