Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Ikan Pendamping Arwana yang Tepat

Ikan arwana termasuk ikan yang hidup secara soliter. Artinya ikan ini biasa hidup sendiri. Para penghobi pun lantas memelihara ikan arwana di dalam akuarium secara individual. Dengan memberikan perawatan yang tepat, ikan tersebut mampu hidup normal dan tumbuh dengan baik. Namun kadang-kadang kita merasa bosan kalau akuarium hanya diisi dengan ikan arwana saja. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasukkan jenis-jenis ikan yang lain.
Anda bisa memelihara lebih dari seekor ikan arwana di dalam akuarium. Kebanyakan memilih memasukkan 3 ekor ikan arwana sekaligus. Sementara berdasarkan feng shui, menyatukan sekitar 8-9 ekor ikan arwana di dalam sebuah tangki dapat memberikan energi positif yang kuat. Tentu sebelumnya Anda harus memperhatikan ukuran akuarium tersebut supaya ikan-ikan arwana yang tinggal di dalamnya tetap merasa nyaman.
Sayangnya menyatukan beberapa ikan arwana sekaligus dapat membahayakan ikan tersebut. Karakteristik dasar ikan arwana yang bersifat buas dan ganas membuat ikan-ikan di dalamnya rentan bertarung. Jadi ada baiknya Anda memilih ikan dari jenis lain. Mengingat ikan arwana merupakan jenis perenang di permukaan air, Anda bisa memilih ikan lain yang biasa berenang di dasar air sehingga peluang terjadinya perkelahian dapat diminimalisir.
ikan-pendamping-arwana.jpg
Adapun faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih ikan pendamping arwana antara lain :
  • Pilihlah ikan yang memiliki ukuran setara dengan ikan arwana supaya tidak dimakan.
  • Ikan yang dipilih harus bisa bertahan hidup di lingkungan yang sama seperti arwana.
  • Pastikan tersedia kadar oksigen yang cukup untuk semua ikan di akuarium.
  • Berikan pakan tepat waktu agar ikan-ikan tidak saling menyerang satu sama lain.
Beriku ini jenis-jenis ikan yang cocok dipelihara sebagai pendamping arwana, yaitu :
  1. Kapiat Bangkok
Para penghobi biasanya menyatukan ikan arwana dengan ikan kapiat bangkok. Ini merupakan ikan yang paling banyak dipakai sebagai teman tangki arwana. Bentuknya belah ketupat dengan ekor yang berwarna hitam kemerahan. Ada pula ikan kapiat albino yang berwarna putih kekuningan dan mata berwarna merah. Selain sebagai ikan pendamping, ikan ini juga dapat bertindak sebagai ikan pembersih. Ikan ini suka melahap sisa pakan yang tidak habis dimakan ikan arwana.
  1. Silver Dollar
Ikan silver dollar memiliki bentuk tubuh yang membulat. Ikan ini berwarna keperakan. Cocoknya ikan silver dollar dipelihara bersama dengan ikan arwana anakan yang masih cukup kecil. Ikan ini mempunyai karakteristik yang jinak. Dia suka memakan sisa-sisa pakan arwana yang berjatuhan di dasar akuarium. Anda bisa menyatukan ikan silver dollar sebanyak 5 ekor sekaligus dengan 1 ekor ikan arwana.
  1. Redtail Catfish
Berbentuk bulat memanjang dengan corak yang berbintik-bintik dan berwarna hitam kecokelatan, itulah ikan redtail catfish. Ikan ini mempunyai ekor berwarna kuning kemerahan yang sangat indah. Anda bisa menjadikannya sebagai pendamping arwana. Perhatikan ukuran ikan redtail catfish. Jangan sampai ukurannya terlalu besar sehingga justru membahayakan bagi keselamatan ikan arwana.
  1. Tiger Catfish
Ini dia salah satu ikan yang cocok sekali sebagai pendamping ikan arwana. Namanya adalah tiger catfish atau dikenal dengan sebutan ikan lele macan. Ikan ini mempunyai tubuh yang berbentuk bulat memanjang sebagaimana jenis-jenis ikan catfish lainnya. Warnanya loreng-loreng menyerupai macan sehingga tampak unik dan menarik sekali. Tiger catfish memiliki perangai yang ganas. Anda harus memperhatikan ukurannya supaya tidak membahayakan arwana.
  1. Tiger Fish
Tiger fish juga bisa loh dipelihara bersama dengan ikan arwana. Ikan ini dinamakan ikan macan karena corak tubuhnya yang loreng-loreng seperti macan. Ini merupakan ikan yang sangat indah. Posturnya berbentuk persegi dengan bagian muka yang meruncing. Sama seperti ikan arwana, tiger fish pun dapat tumbuh menjadi ikan yang besar. Jadi Anda harus memperhatikan betul perbandingan ukuran keduanya supaya tetap aman.
  1. Pari Motoro
Kalau ingin ikan pendamping arwana yang lebih unik, Anda bisa memilih ikan pari montoro. Ikan ini termasuk sangat populer dijadikan sebagai teman arwana di dalam akuarium. Bentuknya yang unik serta gerakan renangnya yang berbeda membuat penampilan akuarium terlihat lebih menarik. Pari montoro merupakan ikan hias yang berjenis bottom dweller atau perenang di dasar air. Sesekali ikan ini juga akan berenang naik ke permukaan air.

Post a Comment for "Jenis-jenis Ikan Pendamping Arwana yang Tepat"