Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Penyebab Ikan Lele Berdiri yang Sebenarnya

Ikan lele termasuk ikan air tawar yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Hal ini tidak lain karena daya tahan tubuh yang dimiliki oleh ikan berkumis ini sangat tinggi. Ikan lele mampu bertahan hidup di lingkungan air yang kondisinya tidak terlalu baik. Jika mau, Anda dapat membudidayakan ikan lele di kolam tanah, kolam terpal, atau kolam beton. Saat ini, tingkat permintaan pasar akan daging ikan lele sangat baik.
Walaupun ikan lele mempunyai daya tahan yang sangat baik, tetapi bukan berarti ikan ini tidak bisa sakit. Ikan lele akan menjadi sakit manakala ia dipaksa untuk terus-menerus bertahan hidup di lingkungan air yang tidak ideal baginya. Apabila ikan tersebut tidak segera mendapat pertolongan pertama yang tepat, bukan tidak mungkin bakal mati secara mendadak. Di sinilah pentingnya pengetahuan tentang beternak ikan lele yang baik dan benar.
Salah satu masalah yang sangat dikhawatirkan oleh para peternak ikan lele yaitu ikan-ikan lele yang dipeliharanya tampak menggantung di dalam air. Ikan tersebut terlihat berdiri dengan bagian ekor di dasar air serta bagian kepala di permukaan air. Tentu saja kondisi ini memiliki arti bahwa ikan lele tadi tidak dalam kondisi yang sehat. Seharusnya ikan lele yang sehat akan berenang kian kemari atau berdiam diri di dasar air.
penyebab-ikan-lele-berdiri.jpg
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Mulai dari penyebab yang paling sederhana sampai penyebab yang parah. Kami akan mencoba menjelaskannya dalam uraian sebagai berikut.
Penyebab 1. Ikan Lele Kekenyangan
Kita yang merasa terlalu kenyang setelah makan pun biasanya akan berdiam diri saja. Begitu pula dengan ikan lele. Kadang-kadang setelah makan dalam jumlah yang banyak, ikan tersebut akan merasa kekenyangan. Ikan tadi pun akan berdiam diri dan tanpa sadar menggantungkan tubuhnya di dalam air. Jika kondisi ini terjadi, Anda hanya perlu membiarkan ikan tersebut beristirahat dahulu. Toh, kondisinya nanti akan pulih lagi dengan sendirinya.
Penyebab 2. Air yang Kualitasnya Buruk
Kebanyakan ikan lele yang tampak berdiri menggantung di air sedang dalam keadaan yang sakit. Penyebabnya karena faktor internal di tubuhnya yang kurang bugar atau kondisi air yang tidak terlalu baik. Ikan tersebut keracunan akibat terlalu banyaknya kotoran yang masuk di tubuhnya. Ikan juga menjadi sulit bernapas sebab kandungan oksigen di dalam air yang terlalu rendah. Satu-satunya jalan keluar adalah melakukan penggantian air di kolam.
Penyebab 3. Ikan sedang Sakit
Jika Anda melihat adanya beberapa ikan lele yang tampak berdiri di dalam air, kemudian Anda mencoba melakukan penggantian air secukupnya tetapi ikan masih tampak menunjukkan perilaku tersebut, maka kemungkinan besar ialah ikan tadi sedang sakit. Kondisi ikan lele yang sedang sakit juga ditunjukkan dari perutnya yang membesar, munculnya bercak-bercak di tubuh, atau timbulnya benjolan di kepala. Cara mengatasinya yaitu melakukan karantina terhadap ikan yang sakit dan memberikan pengobatan secara tepat.
Upaya Pencegahan
Masalah ikan lele yang menggantung sebenarnya dapat dicegah agar tidak terjadi. Anda bisa memberikan pakan secara bijaksana dengan mengatur pola makan dan dosisnya. Jangan lupa lakukan penggantian air sebanyak 30% setiap 3-5 hari sekali serta penggantian air total sebulan sekali. Untuk menjaga kualitas air, Anda bisa melengkapi kolam dengan filtrasi. Gunakan probiotik yang mengandung bakteri pengurai ammonia seperti nitrobacter atau baccilus. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti buah mengkudu dan daun pepaya untuk menjaga kualitas air.

Post a Comment for "3 Penyebab Ikan Lele Berdiri yang Sebenarnya"