Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Ikan Lele yang Tidak Mau Makan

Ikan lele diciptakan mempunyai nafsu makan yang sangat tinggi. Bentuk mulutnya yang lebar dan mendatar memudahkannya dalam memakan segala sesuatu yang ada di depannya. Ikan lele juga tidak terlalu pilah-pilih soal makanannya. Mulai dari makanan sisa, pelet, sayuran, hingga bangkai pun habis dilahapnya dalam sekejap. Hal ini tentu sangat menguntungkan kita sebagai peternak ikan lele karena tidak perlu repot menyiapkan makanannya.
Namun bukan berarti nafsu makan ikan lele akan terjaga setiap saat. Ada kalanya ikan tersebut mengalami gangguan hingga membuatnya merasa tidak nyaman dan mengakibatkan nafsu makannya menurun drastis. Ikan lele ini tampak berbeda daripada biasanya. Dia seperti terlihat stres atau terkena penyakit. Anda sudah mencoba memberikan berbagai pakan tetapi semuanya tidak dilirik atau pun disentuh. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
ikan-lele-tidak-mau-makan.jpg
Silakan ikuti saran-saran dari kami berikut ini untuk mengatasi ikan lele yang kehilangan nafsu makannya.
  1. Cobalah Ganti Air di Kolam
Hilangnya nafsu makan ikan lele bisa disebabkan oleh kondisi air di kolam yang tidak baik. Kemungkinan besar air tersebut terlalu banyak mengandung kotoran. Ikan lele memang bisa hidup di air yang tidak terlalu bersih. Tetapi kalau airnya begitu kotor, ikan ini tetap tidak mampu bertahan hidup. Jadi Anda bisa mencoba mengganti air di kolam pemeliharaan dan perhatikan hasilnya.
  1. Berikan Penambah Nafsu Makan
Tidak hanya manusia, ikan lele yang Anda budidayakan pun perlu mendapatkan obat khusus untuk meningkatkan nafsu makannya. Suplemen ini bisa Anda berikan secara rutin minimal setiap seminggu sekali. Kalau Anda menjumpai ikan-ikan lele sedang mogok makan, coba berikan saja suplemen ini secukupnya. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 12-24 jam agar suplemen tersebut bekerja.
  1. Berikan Pakan yang Berbau Amis
Ikan lele adalah binatang omnivora. Ikan ini mau memakan sayur-mayur dan daging-dagingan. Tetapi ikan lele cenderung lebih menyukai daging-dagingan, terutama pakan yang mempunyai aroma amis begitu kuat. Ikan lele biasanya akan menghabiskan makanan yang berbau amis dengan begitu lahap dan cepat. Khusus untuk ikan yang tidak nafsu makan, Anda bisa memberikan udang.
  1. Naikkan Suhu Air di Kolam
Nafsu makan ikan lele biasanya akan menurun apabila kondisi air di kolam terlalu dingin. Ikan-ikan ini juga akan malas bergerak manakala suhu air tersebut cukup dingin. Suhu air yang ideal supaya nafsu makan ikan lele tetap terjaga adalah 28-29 derajat celsius. Jika suhu air terlalu dingin, Anda harus membuatnya lebih hangat. Misalnya seperti memasang water heater atau memindahkan kolam ke tempat lain.
  1. Bijaksana saat Memberi Bangkai
Sama seperti ucapan kami di atas, ikan lele tidak terlalu pilah-pilih soal makanannya. Ikan ini akan memakan hampir semua makanan yang kita masukkan ke kolam. Bahkan ikan lele pun tidak segan-segan memakan bangkai tikus, ayam, bebek, burung, dan sebagainya. Namun sebagai peternak Anda tentu harus bijaksana dalam memberikan pakan berupa bangkai. Anda boleh memberikan bangkai asalkan kondisinya masih segar. Hindari memberikan bangkai yang sudah membusuk karena menyebabkan ikan menjadi sakit.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Ikan Lele yang Tidak Mau Makan"