Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Luka Ikan Arwana biar Sembuh

Ikan arwana merupakan ikan predator yang memiliki perangai sangat buas. Bahkan di habitat alaminya, ikan ini berani melompat ke udara untuk menangkap mangsa berupa serangga. Ikan arwana juga termasuk ikan soliter yang biasa hidup sendiri. Ikan ini baru akan mencari ikan arwana lain sebagai pasangannya saat memasuki masa kawin. Ikan arwana tidak segan-segan berkelahi dengan ikan lain yang dianggapnya mengganggu.
Penghobi ikan arwana pemula biasanya belum terlalu banyak mengetahui tentang sifat dan karakteristik ikan ini. Sehingga mereka pun memasukkan beberapa ikan arwana sekaligus di dalam sebuah akuarium. Tujuannya tentu untuk membuat suasana di dalam akuarium menjadi lebih hidup. Ikan arwana boleh dipelihara bersama-sama ketika ukurannya masih kecil. Setelah cukup dewasa, ikan ini akan menunjukkan sifat aslinya sebagai ikan yang buas.
mengobati-luka-ikan-arwana.jpg
Ikan arwana berani bertarung dan berkelahi dengan ikan arwana yang lain kalau ikan tersebut dianggap mengganggunya. Perkelahian antara ikan arwana ini sering berakhir dengan tubuh ikan yang penuh dengan luka. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada salah satu ikan arwana yang mati. Jadi beruntung sekali jika ikan arwana milik Anda hanya terluka setelah berkelahi. Anda harus segera memberi pengobatan untuk memulihkan kondisinya.
Berikut ini cara mengobati ikan arwana yang terluka berdasarkan tingkat keparahannya!
Pengobatan Luka Ringan
Perhatikan kondisi ikan arwana yang baru saja berkelahi tadi. Apakah lukanya masih tergolong ringan dan tidak terlalu parah? Jika iya, Anda bisa mengobatinya hanya menggunakan garam ikan. Garam ini bisa dipakai sebagai terapi untuk merangsang penyembuhan sel-sel di dalam tubuh ikan. Silakan masukkan 1-2 genggam garam ikan ke dalam akuarium. Biasanya setelah 2-3 hari kemudian, luka tersebut sudah sembuh sendiri.
Pengobatan Luka Sedang
Dikatakan luka sedang apabila kondisinya tidak terlalu parah dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Tampak adanya bekas darah yang keluar, tetapi aliran darahnya sudah berhenti sendiri. Anda bisa memanfaatkan air rebusan daun ketapang sebagai obatnya. Rebus daun ketapang dengan air secukupnya. Setelah kondisinya sudah dingin, tuangkan air rebusan ini ke dalam akuarium. Nutrisi yang terkandung di dalam air rebusan daun ketapang akan memicu proses penyembuhan luka.
Pengobatan Luka Berat
Ciri-ciri ikan arwana yang mengalami luka berat yaitu ukuran luka cukup besar, tampak adanya darah yang masih muncul di tubuh ikan arwana, dan ikan tak bisa berenang dengan sempurna. Anda bisa menggunakan obat merah yang biasa kita pakai untuk menyembuhkan luka pada manusia. Angkatlah ikan arwana yang terluka dengan hati-hati agar tidak memberontak. Lalu obati bagian lukanya memakai obat merah. Sebaiknya ikan yang terluka parah ini dipindahkan ke akuarium karantina yang mengandung oksigen dengan kadar tinggi.

Post a Comment for "Cara Mengobati Luka Ikan Arwana biar Sembuh"