Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjinakkan Ikan Arwana dari Nol

Ikan arwana menjadi salah satu ikan air tawar yang paling indah. Keindahan ikan ini terpancar begitu sempurna hasil dari perpaduan antara warnanya yang sangat menarik dan gerak-gerik gemulai tubuhnya. Para penghobi biasanya memelihara ikan arwana di dalam akuarium. Ikan ini tampak jauh lebih indah ketika dilihat dari sisi samping. Apalagi jikalau akuarium dilengkapi lampu sehingga membuat ikan arwana tampak berkilauan.
Ikan arwana termasuk salah satu ikan predator. Di habitat alaminya, ikan ini memiliki perangai yang sangat buas. Ikan arwana akan memangsa semua ikan-ikan kecil yang dilihatnya. Bahkan ikan arwana pun tak segan-segan melompat ke udara untuk menangkap serangga yang sedang hinggap di ranting-ranting pohon. Oleh sebab itu, tak mengherankan kalau ikan arwana tetap menunjukkan perilaku buasnya meskipun sudah dipelihara di akuarium.
cara-menjinakkan-ikan-arwana.jpg
Tidak sedikit orang yang mencoba untuk menjinakkan ikan arwana. Maksudnya agar mereka bisa lebih akrab dengan ikan arwana peliharaannya. Lantas pertanyaannya adalah apakah ikan arwana bisa dijinakkan?
Anda Harus Memulai dari Kecil
Anda bisa menjinakkan ikan arwana asalkan memulainya dari anakan. Boleh dikatakan hampir mustahil untuk menjinakkan ikan yang ukurannya sudah dewasa. Hal ini dikarenakan insting sebagai ikan predatornya terlanjur sangat kuat. Sulit sekali bagi Anda untuk mengubah insting predator tersebut. Lain halnya dengan ikan anakan yang masih polos dan belum tahu banyak tentang jati dirinya, ikan tersebut masih bisa dijinakkan.
Berikan Makanan Mati
Anda harus mencegah insting ikan arwana sebagai pemburu muncul dengan rutin memberikan makanan mati untuknya. Hanya pelet saja makanan yang boleh diberikan untuk ikan tersebut. Anda tidak boleh memberikan makanan hidup seperti jangkrik, kecoa, cicak, cacing, dan lain-lain sebab dapat membuat ikan menjadi ganas. Apakah pelet saja sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi ikan arwana? Inilah tugas Anda untuk memilih pelet yang tepat.
Rutin Melakukan Hand Feeding
Hand feeding adalah upaya memberikan makanan langsung menggunakan tangan. Jadi Anda memegangi pakan kemudian berikan pakan tersebut ke ikan arwana tanpa melepaskan pakan. Biarkan ikan mendekati dan memakan pakan yang masih Anda pegang. Hal ini akan melatih mental ikan arwana supaya tidak takut dengan Anda. Awalnya memang cukup sulit dilakukan, tapi lama-kelamaan pasti bisa kok. Ikan mau memakan pakan yang Anda pegang.
Usap Dagu Ikan Arwana
Semua binatang suka diusap pada bagian dagunya, tidak terkecuali pula dengan ikan arwana. Mengusap dagu ikan arwana akan membuat Anda menjadi lebih akrab dengannya. Tunjukkan bahwa Anda memang menyayangi ikan tersebut. Biarkan ikan merasa aman dan nyaman saat Anda pegang. Jangan lupa untuk mengusap-usap bagian dagu ikan arwana barang sebentar ketika Anda hendak membersihkan akuarium atau memindahkannya ke akuarium lain.

Post a Comment for "Cara Menjinakkan Ikan Arwana dari Nol"