Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat-kiat Sukses Memelihara Ikan Arwana Anakan

Anda mungkin ingin mulai memelihara ikan arwana dari anakannya? Ikan arwana yang masih berukuran anakan memang mempunyai harga beli yang lebih rendah daripada ikan arwana dewasa. Bahkan rentang selisihnya bisa mencapai tiga kali lipat lebih murah. Ikan arwana yang masih anakan ini bisa Anda beli di toko ikan hias terdekat. Kalau ingin harga yang lebih murah lagi, Anda bisa membelinya langsung dari peternak ikan arwana.
Meskipun ikan arwana anakan dibanderol dengan harga yang murah bukan berarti Anda bisa memeliharanya dengan mudah. Kenyataannya adalah ikan arwana anakan justru mempunyai daya tahan tubuh yang masih lemah. Hal ini lantas membuatnya gampang terserang penyakit, infeksi jamur, dan masalah-masalah lainnya. Anakan ikan arwana membutuhkan perawatan yang lebih banyak. Anda harus selalu siap berada di dekat ikan tersebut.
memelihara-ikan-arwana-anakan.jpg
Kunci sukses memelihara anakan ikan arwana akan kami jabarkan dalam ulasan kali ini.
Sediakan Akuarium yang Ideal
Ikan arwana anakan lebih baik dipelihara di dalam akuarium daripada kolam. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam merawat dan memantau kondisinya. Pakailah akuarium yang memiliki ukuran minimal tiga kali panjang ikan. Isilah akuarium dengan air yang sudah didiamkan selama 24 jam. Kemudian pasang filter dan aerator untuk menjaga kondisi air di dalam akuarium tersebut.
Periksa Kondisi Akuarium Awal
Akuarium yang baru saja dibuat mempunyai kondisi yang tidak menentu. Terutama kondisi air di dalamnya yang belum mapan sepenuhnya dan masih berubah-ubah. Ada baiknya Anda mendiamkannya selama 2-3 hari dulu hingga kondisinya siap ditempati ikan arwana. Untuk mencari tahu bahwa akuarium benar-benar sudah siap, Anda bisa mencoba memelihara ikan mas di akuarium tadi terlebih dahulu.
Berikan Pakan yang Tepat
Ikan arwana tentu memerlukan makanan untuk dapat bertahan hidup. Diketahui ikan ini merupakan omnivora. Tetapi saat ukurannya masih kecil, ikan arwana lebih suka mengonsumi daging-daging. Ikan arwana anakan memiliki mulut yang berukuran kecil. Jadi Anda perlu menyesuaikan ukuran pakan dengan mulut tersebut. Contoh pakan untuk anakan ikan arwana antara lain jangkrik yang sudah dihilangkan kaki belakang dan sayapnya, udang yang dikupas kepalanya, ulat jerman, dan anakan kodok.
Jaga Kesehatan Ikan Arwana
Pakan ini diberikan sebanyak 2 kali/hari masing-masing 5 ekor pakan yakni pada pagi dan sore hari. Jangan memberikan pakan terlalu banyak karena dapat mengakibatkan air di akuariu mudah kotor. Lebih baik ikan tersebut kekurangan makanan daripada mendapatkan pakan yang berlebihan. Jaga suhu air di kisaran 27-29 derajat celsius supaya nafsu makan ikan tersebut tetap tinggi. Jangan lupa untuk memadamkan lampu akuarium setelah 12 jam menyala. Biarkan anakan ikan arwana ini beristirahat.

Post a Comment for "Kiat-kiat Sukses Memelihara Ikan Arwana Anakan"