Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips-tips Jitu agar Ikan Arwana Cepat Bertelur

Budidaya ikan arwana menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Alasannya karena ikan ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, khususnya jenis ikan arwana super red. Seekor anakan ikan arwana super red yang berukuran kurang dari 15 cm umumnya laku dijual paling murah Rp 2-3 juta/ekor. Mahalnya harga ikan arwana lantas mendorong minat para petani untuk membudidayakannya. Tentu bayang-bayang akan keuntungan besar sudah di depan mata.
Langkah awal dalam membudidayakan ikan arwana ialah pengadaan ikan indukan. Setidaknya Anda membutuhkan sepasang ikan arwana indukan yang telah siap bereproduksi. Ikan arwana sudah mulai produktif pada kisaran umur 4-5 tahun. Kedua ikan indukan ini lalu dipelihara di dalam kolam beton yang berukuran 5 x 8 m. Usahakan kondisi air di dalam kolam tersebut senantiasa mengalir untuk menjaga kebersihannya.
ikan-arwana-cepat-bertelur.jpg
Agar ikan arwana tersebut cepat menghasilkan telur, Anda perlu mengikuti kiat-kiat berikut ini!
  1. Jaga Kondisi Air di Kolam
Bagi ikan arwana, air tak ubahnya udara. Ikan arwana membutuhkan air yang bersih agar mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Maksud bersih di sini tidak melulu harus jernih, melainkan sesuai dengan kebutuhan. Perlu Anda ketahui, ikan arwana perlu air yang memiliki pH antara 6-7, suhu air sekitar 29-30 derajat celsius, dan bebas dari sampah. Pastikan tidak ada sampah berlebih yang mengendap di dasar air karena dapat membuat ikan enggan bertelur.
  1. Beri Pakan Tinggi Protein
Ikan arwana indukan sebaiknya diberi pakan yang mengandung protein tinggi supaya cepat bertelur. Protein merupakan zat yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang ikan arwana. Kami sudah pernah memberikan rekomendasi jenis-jenis pakan yang bagus untuk ikan arwana. Tugas Anda selanjutnya adalah memberikan pakan tadi secara bijaksana. Pakan harus diberikan dalam porsi yang pas. Memberi pakan terlalu banyak justru berdampak tidak baik bagi ikan.
  1. Pastikan Lingkungan Aman
Ikan arwana hanya mau bertelur di kolam yang dirasanya aman. Mereka tidak berani mengeluarkan telur-telurnya di kolam dengan kondisi lingkungan berisik, gaduh, tidak aman, dan rawan gangguan predator. Oleh sebab itu, Anda harus menciptakan kolam yang mempunyai lingkungan aman dan damai. Salah satu caranya yaitu menyediakan tempat persembunyian yang cukup bagi ikan arwana. Tidak ada salahnya Anda juga membangun beberapa gua khusus pengeraman.

Post a Comment for "Tips-tips Jitu agar Ikan Arwana Cepat Bertelur"