Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tanda Ikan Lele sudah Kenyang

Biaya produksi yang paling besar dalam membudidayakan ikan lele terletak pada pengadaan pakannya. Pakan mengambil porsi lebih dari setengah total biaya produksi ikan lele secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk dapat melakukan pengelolaan pakan dengan tepat. Pakan untuk ikan lele harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar dapat ditekan dengan biaya yang seminimal mungkin tetapi mampu memberikan manfaat bagi pertumbuhan ikan lele secara maksimal.
Pakan untuk ikan lele harus diberikan dalam jumlah yang cukup. Artinya ikan ini tidak boleh kekurangan makanan atau malah mendapatkan makanan yang terlalu banyak. Anda perlu mengatur pemberian pakan secara bijaksana. Faktanya pemberian pakan dalam jumlah yang terlalu banyak tidak hanya menyebabkan pemborosan biaya produksi saja, tetapi juga justru berdampak buruk bagi ikan tersebut. Ikan-ikan lele bisa mengalami keracunan akibat sisa pakan yang menumpuk di dasar air.
ikan-lele-sudah-kenyang.jpg
Kami selalu mewanti-wanti kepada Anda untuk memberikan pakan kepada ikan dengan porsi sedikit demi sedikit. Berikan terus pakan ini sampai ikan-ikan lele tersebut merasa kenyang. Nah, berikut ini ciri-ciri kalau ikan lele sudah kenyang, yaitu :
  1. Jumlah Ikan yang Berebut Pakan Berkurang Drastis
Ketika Anda memberikan pakan untuk ikan lele pertama kali, pasti ada banyak sekali ikan yang memperebutkannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan seluruh populasi ikan lele di kolam tersebut akan bangun dan berlomba-lomba mendapatkan makanan. Hal ini membuat suasana di sekitarnya menjadi ramai dan riuh. Namun seiring dengan Anda memberikan pakan ke ikan lele tersebut, ikan lambat laun menjadi kenyang. Jumlah ikan lele yang berkompetisi berebut pakan pun akan menurun.
  1. Ikan sudah Tidak Tertarik dengan Pakan
Sebaiknya Anda memberikan pakan sampai ikan lele merasa kenyang. Salah satu tanda dari kenyangnya ikan tersebut yaitu sebagian besar ikan lele sudah tidak tertarik lagi dengan pakan yang Anda berikan. Pakan yang Anda tebarkan ke kolam mengapung begitu saja. Mungkin ada beberapa ekor ikan lele yang mau memakannya. Sedangkan ikan-ikan yang lain malah asyik berdiam diri di dasar air, berenang kian ke mari, atau berkejar-kejaran dengan ikan lainnya. Pakan yang Anda berikan seperti tak diacuhkan.
  1. Ada Pakan yang Tidak Habis dalam 5 menit
Ikan lele pada dasarnya merupakan ikan yang sangat rakus. Ikan ini tidak pilih-pilih soal makanan dan mampu menghabiskan pakan dalam waktu yang sangat cepat. Hanya saja ketertarikan dia terhadap pakan menjadi berkurang saat kondisinya sudah cukup kenyang. Pakan yang Anda berikan ke kolam tidak dihiraukannya lagi. Hal ini membuat ada banyak pakan yang tidak dimakan dalam waktu lebih dari 5 menit. Kalau Anda melihat kondisi ini, sebaiknya hentikan segera pemberian pakannya.

Post a Comment for "3 Tanda Ikan Lele sudah Kenyang"