Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Jentik-jentik Nyamuk di Kolam Filter

Rumah tinggal yang dilengkapi dengan taman dan kolam ikan merupakan impian semua orang. Anda pun suka sekali dengan rumah yang ada kolam ikannya. Oleh karena itu, Anda lantas membangun sebuah kolam ikan di halaman. Anda merawat ikan-ikan di dalam kolam dengan sepenuh hati. Tak lupa Anda juga rutin memberinya pakan. Kini sungguh senang rasanya ada di rumah sebab Anda bisa bercengkerama dengan ikan-ikan hias tersebut.
Supaya kebersihan kolam ikan terjaga dengan baik, Anda bisa melengkapinya menggunakan kolam filter. Ini merupakan kolam khusus yang berguna sebagai tempat perkembangbiakkan bakteri-bakteri baik yang bermanfaat untuk menjernihkan air di kolam ikan. Air di kolam akan dialirkan ke kolam filter. Bakteri baik yang sudah ada di kolam filter pun akan menguraikan kotoran-kotoran yang terkandung di air sehingga kondisinya jernih kembali.
Kolam ikan yang dilengkapi dengan kolam filter yang kondisinya sudah matang tidak perlu mendapatkan perawatan yang rutin. Sebab kebersihan air di kolam tersebut telah dijaga dengan baik oleh kolam filter. Anda mungkin hanya perlu sesekali menambahkan air untuk menggantikan air yang sudah menguap serta memastikan kandungan bahan organik di dalamnya tetap mencukupi bagi kehidupan ikan dan plankton.
mengatasi-jentik-jentik-nyamuk.jpg
Namun sayangnya kolam filter bisa mengalami masalah. Kondisi airnya yang tenang acap kali dijadikan oleh serangga sebagai sarang dan tempat bertelur. Salah satunya ialah nyamuk yang suka bertelur di kolam filter. Ciri-ciri kolam filter yang dijadikan tempat bertelur oleh nyamuk yaitu ada jentik-jentik nyamuk di dalamnya. Anda tentu tidak boleh membiarkan kondisi ini terjadi sebab nyamuk dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.
Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jentik-jentik nyamuk yang ada di kolam filter.
Jangan Coba Membersihkannya
Jangan pernah mencoba membersihkan kolam filter yang banyak jentik-jentik nyamuk di dalamnya. Jika hal ini dilakukan, artinya Anda telah merusak ekosistem yang ada. Membersihkan kolam filter sangat ampuh mengatasi jentik-jentik nyamuk. Tapi di sisi lain, bakteri-bakteri baik yang bersarang di dalamnya pun akan ikut mati. Kolam filter tidak ada gunanya kalau tidak mengandung bakteri baik.
Masukkan Ikan yang Agresif
Untuk mengatasi jentik-jentik nyamuk, cara yang bijaksana adalah memasukkan ikan yang memiliki perilaku agresif ke dalam kolam filter. Biarkan ikan tersebut memakan jentik-jentik nyamuk yang ada. Dengan begini, maka keberadaan jentik-jentik nyamuk tersebut dapat memberikan manfaat. Adapun jenis-jenis ikan yang bisa Anda pilih untuk mengendalikan jentik-jentik nyamuk antara lain sepat, cupang, guppy, molly, dan ikan sumatra.
Tuangkan Abate secukupnya
Anda juga bisa menggunakan obat khusus yang berguna untuk mengatasi jentik-jentik nyamuk. Namanya adalah abate. Obat ini aman digunakan di kolam ikan. Anda bisa membeli abate di toko ikan hias terdekat. Kalau sulit mendapatkannya, silakan beli saja abate ini secara online di www.alatperabotan.com. Selanjutnya Anda bisa memakai abate dengan dosis yang sesuai petunjuk di kemasannya. Niscaya jentik-jentik nyamuk pun lenyap seketika.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Jentik-jentik Nyamuk di Kolam Filter"