Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Jitu agar Anak Mau Makan Ikan

Bagaimana tips agar anak mau makan ikan? Ikan merupakan sumber gizi yang baik bagi tubuh kita. Daging ikan banyak mengandung protein, kalsium, zat besi, dan asam lemak omega 3. Beberapa jenis ikan bahkan mengandung omega 3 lebih dari 100 mg/100 gram daging ikan. Manfaat dari omega 3 ini yaitu meningkatkan daya kerja otak. Sedangkan protein di dalam ikan mudah diserap sehingga dapat mendukung pertumbuhan.
Namun pada awalnya anak-anak biasanya kurang suka kalau makan ikan. Alasannya sebab ikan mempunyai aroma yang amis. Ikan juga memiliki duri yang membuat kita kadang-kadang sulit memakannya. Kondisi ini tentu tidak boleh dibiarkan. Anda harus bisa membujuk anak supaya mau memakan ikan karena manfaat yang akan didapatkannya sangat baik. Jangan sampai anak Anda tidak mendapatkan khasiat di dalamnya.
anak-mau-makan-ikan.jpg
Agar anak Anda mau memakan ikan, silakan ikuti tips-tips dari kami :
Tips 1. Kenalkan Sedikit demi Sedikit
Anda perlu mengenalkan kelezatan daging ikan kepada anak sedari dia kecil. Buatlah si anak merasakan sendiri bahwa ikan tersebut tidak hanya banyak manfaat, tetapi rasanya juga enak. Sebagai perkenalan, Anda mungkin perlu memberikannya porsi yang sedikit. Misalnya 20-50 gram ikan matang yang dicampur dengan makanan lainnya. Anak-anak yang sudah merasakan sendiri lezatnya daging ikan pasti akan memintanya lagi.
Tips 2. Perhatikan Alergi atau Tidak
Ikan boleh dikonsumsi selama tidak menimbulkan alergi. Anda bisa mengamati dalam waktu 3-4 hari setelah anak memakan ikan, apakah dia menunjukkan gejala-gejala alergi seperti gatal-gatal, bentol, diare, sakit kepala, atau muntah? Meskipun ikan laut mengandung omega 3 yang tinggi, tetapi asam aminonya berpotensi dapat menimbulkan alergi ke anak. Sebagai alternatif, pilihlah ikan air tawar seperti ikan lele, mujair, mas, gurame, dan sebagainya.
Tips 3. Hilangkan Aroma Amisnya
Penyebab utama anak enggan memakan ikan karena aromanya amis. Sebenarnya bau amis ini mudah sekali dihilangkan asalkan Anda tahu caranya. Triknya ialah Anda perlu merendam daging ikan di air jeruk nipis selama 10 menit. Lalu cuci kembali sebelum dimasak. Air jeruk nipis sangat ampuh menghilangkan aroma amis tersebut. Jika kebetulan tidak ada jeruk nipis di rumah, Anda bisa menggantinya dengan lemon, kunyit, atau jahe.
Tips 4. Hilangkan Bentuk Utuh Ikan
Anak-anak juga biasanya tidak mau apabila harus memakan ikan yang wujudnya masih utuh layaknya ikan hidup. Mungkin dia merasa takut atau jijik jika harus menyantap ikan yang bentuknya masih utuh. Anda bisa mengakalinya dengan memotong ikan tersebut menjadi berukuran kecil-kecil. Yang penting ialah hilangkan bentuk utuh ikan supaya anak lebih tertarik memakannya. Anda bisa memasaknya menjadi bola-bola, nugget, goreng tepung, atau siomay.
Tips 5. Masak secara Variatif
Bukan hanya anak-anak, kita pun akan merasa bosan kalau harus menyantap makanan yang itu-itu saja. Jadi Anda sebaiknya memperkaya ilmu mengolah ikan menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Kami pernah menyajikan beberapa resep masakan berbahan dasar ikan yang mudah dibuat di sini. Sebisa mungkin Anda olah ikan tersebut dengan berbagai bumbu yang variatif agar anak mau menerimanya.
Tips 6. Jangan Memaksa Anak
Pada dasarnya, ikan boleh dimakan kapan pun. Ikan bisa disajikan saat makan besar atau sekadar camilan. Anda bisa memberikannya dua kali sehari atau setiap momen makan. Tapi ada baiknya Anda memperhatikan perilaku anak apakah sudah merasa bosan atau tidak. Anak sedang tidak ingin makan ikan sebaiknya tidak dipaksakan agar tidak menimbulkan trauma. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan sayuran atau daging.
Tips 7. Jangan Tunjukkan Ekspresi Jijik
Ikan yang masih mentah memang mempunyai aroma amis yang sangat kuat. Tetapi usahakan Anda tidak memperlihatkan ekspresi jijik akibat bau amis tersebut di depan si anak. Jangan pula bersikap enggan, menutup hidung, atau mengucapkan kata jijik secara eksplisit pada saat membersihkan ikan mentah. Bersikaplah biasa saja ketika Anda mencium aroma amis dari ikan supaya anak Anda juga menirunya.

Post a Comment for "7 Tips Jitu agar Anak Mau Makan Ikan"