Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Ikan Arwana yang Matanya Juling

Ikan arwana tergolong sebagai ikan air tawar yang memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik. Ikan ini tidak mudah terserang penyakit, khususnya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Justru ikan arwana lebih rentan mengalami stres serta cedera. Oleh sebab itu, jika Anda melihat ikan menunjukkan gejala-gejala awal stres/cedera, Anda harus memberikan upaya-upaya pertolongan sesegera mungkin.
Salah satu penyakit yang kerap menyerang ikan arwana adalah penyakit mata juling. Ciri-ciri ikan yang mengidap penyakit ini yaitu posisi arah hadap bola matanya tidak beraturan dan cenderung menghadap ke bawah. Perlu diketahui, penyebab penyakit ini bukanlah serangan jamur atau bakteri. Tetapi penyakit mata juling biasanya disebabkan oleh pemberian pakan yang posisinya berada di dasar akuarium sehingga ikan terbiasa menghadap ke bawah.
mengobati-mata-juling-arwana.jpg
Penyebab lainnya bisa juga dikarenakan cahaya lampu di bagian atas terlalu terang atau cahaya lampu di bagian bawah menarik perhatian ikan arwana sehingga membuatnya terus-menerus memandang ke arah bawah. Penyebab yang lain ialah kaca bagian bawah akuarium yang dapat memantulkan cahaya dan mengganggu ikan arwana. Kesalahan dalam meletakkan akuarium pada posisi yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan penyakit mata juling ini.
Penyakit mata juling sebenarnya tidak mengakibatkan dampak yang fatal terhadap si ikan arwana. Penyakit ini juga tidak akan menyebabkan kebutaan. Namun bukan berarti Anda boleh mengabaikannya. Dalam kondisi yang parah, penyakit mata juling akan membuat ikan tidak bisa berenang secara normal. Ikan juga akan kesulitan menangkap mangsanya. Bahkan ikan akan berenang terlentang kalau kondisi ini terus dibiarkan.
Satu-satunya solusi untuk mengobati ikan arwana yang terkena penyakit mata juling adalah operasi. Perlu kami ingatkan sebelumnya bahwa operasi pada mata ikan arwana ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Jika Anda gagal melakukannya, ikan arwana tersebut akan mengalami kebutaan. Jadi Anda sebaiknya meminta bantuan kepada orang yang ahli atau dokter hewan. Seharusnya proses operasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit.
Berikut ini prosedur mengoperasi mata ikan arwana yang bisa Anda coba!
Alat dan Bahan :
  • Gunting khusus operasi
  • Pinset ukuran 15 cm
  • Larutan pembius
  • Kain/spon untuk alas
  • Air bersih
Langkah-langkah :
  1. Ikan arwana yang akan dioperasi dimasukkan ke wadah yang sudah berisi larutan pembius. Anda bisa menggunakan MD 400 dengan dosis ½ sendok makan/10 L air. Atau bisa pula menggunakan MS 222 dengan dosis 5 gram/100 ml air, lalu hasilnya diambil sebanyak 20 ml dan dicampurkan lagi dengan 20 ml air.
  2. Ikan arwana lama-kelamaan akan melemah dan pada akhirnya pingsan. Ikan arwana yang pingsan akan mengapung di permukaan air. Ambil ikan tersebut, lalu letakkan di atas kain/spon yang menjadi alas tempat operasi.
  3. Pegang bagian ikan arwana. Kemudian potong sedikit kelopak matanya bagian bawah menggunakan gunting. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mengembalikan posisi bola mata ikan tersebut dengan aman ke posisi yang benar.
  4. Setelah itu, tekan dan putarlah bola mata tersebut ke arah atas hingga bola mata yang biasa terlihat menjadi terbenam semuanya ke dalam rongga mata. Lalu silakan Anda bersihkan lapisan lemak yang berwarna putih dan menyelimuti bola mata memakai pinset. Selama pembersihan berlangsung, teteskan air untuk memudahkannya.
  5. Setelah operasi sudah selesai dilaksanakan, selanjutnya Anda tekan kembali bola mata tersebut ke dalam. Kemudian putarlah posisinya seperti semula. Sampai di sini Anda telah berhasil mengoperasi ikan arwana tersebut.
  6. Untuk menyadarkan kembali ikan arwana, Anda bisa menaruhnya di bawah kucuran air yang bersih. Setelah ikan tersebut menunjukkan tanda-tanda akan sadar, Anda bisa memasukkannya ke akuarium perawatan khusus. Anda juga bisa memasukkan 2-3 ikan arwana yang berukuran kecil agar bola mata ikan yang sakit terus bekerja aktif memandang ikan-ikan di sekitarnya.
  7. Selama masa pemulihan berlangsung, Anda harus merawat ikan arwana tersebut dengan sungguh-sungguh. Kalau bisa teteskan antibiotik ke dalam akuarium untuk mencegah datangnya bibit penyakit. Masa penyembuhannya sendiri biasanya sampai 1-2 bulan.
Selamat mencoba dan kami doakan semoga Anda berhasil!

Post a Comment for "Cara Mengobati Ikan Arwana yang Matanya Juling"