Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Tutup Insang Melengkung Pada Ikan Arwana

Anda yang memelihara ikan arwana harus berhati-hati sebab tidak selamanya ikan peliharaan Anda tersebut dalam kondisi yang baik-baik saja. Ada cukup banyak penyakit yang mengintai kesehatan ikan arwana kebanggaan Anda. Salah satunya penyakit tutup insang melengkung. Seperti namanya, penyakit ini ditandai dengan melengkungnya tutup insang ikan arwana ke arah luar sehingga menyebabkan sebagian insangnya terlihat.
Ikan arwana yang mengidap penyakit tutup insang keluar tentunya akan terlihat seperti ikan yang cacat. Ikan tersebut tidak sedap dipandang mata, terutama pada bagian insang yang mengganggu penampilannya. Tak hanya itu saja. Ikan yang terus dibiarkan mengidap penyakit ini lama-kelamaan akan mengalami kerusakan pada insangnya. Warna insang berubah menjadi kehitam-hitaman karena tercemar. Lalu pada akhirnya ikan bakal mati.
penyakit-tutup-insang-melengkung.jpg
Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit ini antara lain :
  1. Kualitas air di dalam akuarium tidak memenuhi standar
  2. Suhu air terlampau dingin atau hangat
  3. Pemberian obat-obatan melebihi dosis anjuran
  4. Serangan bakteri tertentu
  5. Kandungan oksigen di dalam air terlalu rendah
Beberapa upaya yang dapat membantu pengendalian penyakit tutup insang melengkung pada ikan arwana yaitu :
  • Mengganti Air
Penyebab utama penyakit tutup insang melengkung yaitu kondisi air yang kotor. Di air tersebut terlalu banyak kadar amonia, nitrit, dan nitrat yang terkandung di dalamnya. Hal ini menyebabkan kondisi air menjadi tercemar serta kadar oksigen terlarut di air menipis. Solusinya Ana bisa rutin mengganti volume air sebanyak 20-25 persen dari ukuran akuarium setiap hari selama 7 hari berturut-turut.
  • Memasang Aerator
Anda bisa memasang aerator untuk meningkatkan kandungan oksigen yang terlarut di dalam air. Bila sebelumnya Anda sudah memasangnya di akuarium berarti Anda perlu menggantinya dengan aerator yang memiliki kemampuan lebih besar. Menjaga agar jumlah oksigen yang ada di dalam air tetap memadai itu penting. Sehingga ikan arwana bisa bernapas secara normal.
  • Memasang Heater
Seperti halnya manusia, ikan arwana pun membutuhkan lingkungan yang mempunyai suhu sesuai kebutuhannya. Namun penempatan akuarium yang salah mengakibatkan suhu air di dalamnya menjadi tidak menentu. Kadang-kadang terlalu dingin, namun di lain waktu terlalu hangat. Anda sebaiknya meletakkan akuarium di lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung dan pasanglah water heater. Jaga suhu air berada di kisaran 29-30 derajat celsius.
  • Memberi Oksigen Murni
Apabila ikan arwana milik Anda sudah terkena penyakit ini tetapi kondisinya belum terlalu parah, Anda bisa memberikan terapi untuk memulihkannya. Caranya yaitu letakkan ikan di antara penjepit kaca agar posisinya tetap menghadap depan. Selanjutnya berikan oksigen murni langsung ke arah insangnya. Trik ini sangat ampuh mengatasi tutup insang yang melengkung tetapi prosesnya harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Post a Comment for "Penyakit Tutup Insang Melengkung Pada Ikan Arwana"